MENGUBAH SISTEM KESEHATAN MENTAL AMERIKA

Amerika serikat telah menghabiskan banyak anggaran secara signifikan untuk pelayanan kesehatan bagi setiap orang dibandingkan negara-negara lainnya, tetapi kenyataannya menunjukkan bahwa pelayanan tersebut sangat kurang dan tidak sesuai.  Walaupun dana yang dianggarkan telah lebih dari 1.9 triliun dolar (dimana biaya tersebut terus meningkat jumlahnya tiap tahun) pelayanan kesehatan masih terkotak-kotak dan tidak terkoordinir, dan lebih dari 46 juta orang tidak terlindung asuransi. Mengapa Amerika Serikat tidak mampu menghasilkan kualitas pelayanan yang lebih tinggi dan hasil yang lebih baik.

Kita membayangkan sebuah masa depan dimana setiap orang yang terganggu mentalnya akan pulih, sebuah masa depan dimana sebuah gangguan jiwa dapat dicegah dan dapat diobati, sebuah masa depan dimana sebuah gangguan jiwa dapat diketahui lebih dini, dan sebuah masa depan dimana setiap orang dengan gangguan jiwa memiliki akses untuk mendapatkan perawatan dan dukungan, memperoleh makna dari hidup, bekerja, belajar, dan berpartisipasi secara penuh di dalam komunitas (masyarakat)

Kita telah sampai begitu jauh sejak kalimat pembukaan dari buku ini. Kita telah mendefinisikan apa arti gangguan mental serius dan mencatat beberapa kegagalan dari sistem kesehatan mental yang ada sekarang ini. Kita telah menekankan akan dibutuhkannya praktik-praktik yang berbasis bukti dan pelayanan yang berorientasi hasil, sama seperti pelayanan-pelayanan inovatif yang berbasis masyarakat.  Kita telah ditunjukkan mengapa monopoli-monopoli tidak berfungsi dan yang paling penting untuk diselesaikan adalah mencipatakan sebuah sistem pelayanan kesehatan mental yang kompetitif, yang ditandai oleh kualitas pelayanan yang bagus dan tersedianya penyedia layanan yang bagus yang dapat dipilih oleh para konsumen. Kita juga mengetahui kebutuhan akan kemerataan, kemerataan akan pelayanan kesehatan mental dan pelayanan kesehatan secara umum, sama dengan pelayanan medis atau bedah. Kita juga telah ditunjukkan betapa kita membutuhkan sebuah aturan baru yang kolaboratif dan mengikat bagi para konsumen dan para advokat, sebuah peraturan yang akan mengungkap suara yang hilang dalam pengambilan keputusan suatu kebijakan dan dalam pengambilan keputusan dalam perlakuannya.

Di dalam buku ini, hal tersebut tidak dapat terbantahkan lagi, dimana perubahan-perubahan tersebut tidak bisa diterapkan sesuap demi sesuap, jika itu diibaratkan sebuah menu makanan di kafetaria. Perubahan-perubahan tersebut hendaknya diimplementasikan bersamaan, sebagai satau kesatuan, jika pelayanan-pelayanan kesehatan mental ingin benar-benar diubah. Sebuah pendekatan yang selangkah lebih majupun telah dicoba selama bertahun-tahun untuk mereformasi atau merubah hal ini, namun tampaknya tidak sampai kemana-mana atau tidak berhasil (Grob dan Goldman 2007; Olson 2006). Terlalu banyak penduduk Amerika yang terlalu lama dihantui oleh mimpi buruk akan kurangnya akses pelayanan, pelayanan yang tidak efektif, kurangnya tindak lanjut, dan kejadian yang tidak nyaman dari giliran memperoleh perawatan. Untuk merubah hal ini, sebuah poin yang tajam harus dicapai (Gladwell, 2000), yang mengandung arti bahwa sekian banyak usaha dan perubahan yang konvergen (bermacam-macam) lama-lama akan menjadi sesuatu yang lebih besar dari pada hanya satu inisiatif lain dari pemerintah atau sektor swasta yang hanya terlihat dan terdengar bagus di makalah mereka saja tetapi jauh dibelakang keadaannya masih sama (status quo) dalam beberapa tahun. Agar perubahan yang sebenarnya terjadi, semua hal yang terkandung dalam buku ini (dan semoga lebih) harus diimplementasikan secara bersama-sama. Hal ini akan membutuhkan kepemimpinan yang luar biasa di berbagai tingkat, baik di tingkat sektor umum ataupun sektor swasta. Baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki visi dan kemampuan serta skil, atau yang memiliki kepedulian terhadap orang yang menderita gangguan jiwa serius hendaknya maju ke depan dan melakukan hal-hal yang beresiko. Mereka hendaknya menentang status quo dengan banyak cara, walaupun tanpa ada jaminan untuk berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: