MENSTRUASI

jadiBanyak masalah-masalah menstruasi akan mudah teratasi dengan sendirinya, namun jika mereka masih berlangsung, akan sangat berguna bagi wanita untuk mencari ketentraman hati dari dokterny.Kekhawatiran yang sering muncul adalah ketika menstruasi tidak terjadi ( amenorrhoea). Ini memiliki 2 bentuk : amenorrhoea primer, ketika menstruasi tidak berlangsung dalam masa pubertas, dan amenorhoea sekunder menstruasi berhenti untuk beberapa alasan. Jika menstruasi tidak pernah terjadi mungkin saja terjadi adanya penundaan masa pubertas atau berhubungan dengan permasalan hormonal. Sedangkan amenorhoea, penyebab utamanya bisa dikarenakan kehamilan, namun jika bukan, faktor-faktor emosional mungkin bertanggung jawab atas terjadinya gangguan siklus. Makan tidak teratur, khususnya nervosa ANOREKSIA, dapat menyebabkan amenorrhoea. Hal ini seringkali akibat dari stress- contoh, setelah meninggalkan rumah, perubahan pekerjaan atau urusan patah hati.

Mengunjungi dokter untuk melakukan tes sederhana akan memperlihatkan apakah seorang wanita hamil atau tidak; sebaliknya, menstruasi yang jarang pada umumnya tidaklah menjadi perhatian. Dalam sebuah siklus menstruasi ditunjukkan, kwantitas menstruasi mungkin tak sama rata, memanjang atau terjadi dalam interval waktu yang berbeda. Pola menstruasi ini digambarkan sebagai metrorrhagia. Menstruasi yang berlebihan disebut menorrhagia.

Pada wanita muda, masalah serius pada sistem reproduksi jarang terjadi dan sebagian besar masalah yang sering muncul seperti mestruasi berat atau nyeri menstruasi dapat diobati dengan tablet dan sekali pemeriksaan, yang mungkin melibatkan cek pelvic ( vagina), dapat memperlihatkan penyebab secara meyakinkan.Diperkirakan bahwa, selama tahun-tahun reproduksi, beberapa masalh menstruasi mungkin dikaitkan dengan pemilihan alat kontrasepsi wanita.

Pil kontrasepsi bekerja dengan turun campur terhadap kendali ovulasi yang dilakukan oleh piutitary, jika ini dilakukan dengan layak, berdasarkan instruksi, ovulasi tidak akan terjadi sama sekali. Ovulasi terjadi di akhir pada masing-masing paket, ketika pill dihentikan selama tujuh hari. Namun pendarahan yang terjadi bukanlah termasuk menstruasi yang alami; ini merupakn suatu buatan yang terjadi karena penurunan masuknya progerteron dan estrogen. Pendarahan biasanya lebih ringan dibandingkan dengan menstruasi normal, dan rasa sakit saat menstruasi biasanya berkurang. Kadang-kadang pendarahan mungkin muncul diantara menstruasi ketika wanita sedang mengkonsumsi pil; ini biasanya merupakan indikasi dosis hormon di dalam pil terlalu rendah untuknya. Jika pendarahan tidak berkesudahan setelah satu atau dua bulan, dokter biasanya meresepkan pil dengan dosis hormon progesteron yang lebih tinggi. Namun demikian, pendarahan kadang-kadang terjadi karena akibat lain dan harus dilaporkan ke dokter.

Pil mini, atau pill progesteron saja, bekerja dengan sedikit berbeda dari pil biasanya. Ovulasi mungkin masih akan berlanjut; pil bekerja dengan menghambat penipisan lendir serviks yang biasanya terkadi di pertengahan siklus menstruasi sehinnga sperma tidak dapat bergerak menuju kedalam uterus. Pendarahan yang tidak teratur adalah efek dsamping umum dari pil ini, tetapi ini bukanlah indikasi dari penurunan keefektivitasan. Mungkin akan ada sejumlah pendarahan kecil diantara menstruasi: kadang-kadang menstruasi muncul lebih sering. Wanita yang mengkonsumsi pil mini ini sebaiknya membuat grafik masa menstruasinyadan pendarahan lain yang mungkin mucul, untuk ditunjukkan kepada dokternya. Jika pendarahan menjadi hal yang menyusahkan, dosis pil yang lebih tinggi boleh diresepkan.

Progesteron juga mungkin diberikan dengan sekali suntikan untuk tindakan yang lama setiap tiga bulan sebagai kontrasepsi. Lagi, ketidakteraturan menstruasi sangatlah umum terjadi. Menstruasi sering berhenti sama sekali setelah suntikan kedua atau ketiga, meskipun pada minggu awal setelah suntikan pertama pendarahan yang sering dan tidak teratur terjadi.

Wanita yang menggunakan gulungan (IUD atau intra-uterine device) mungkin akan mengalami menstruasi yang sedikit berat. Ini mungkin disadari di beberapa bulan pertama setelah gulungan dipasang, tetapi menstruasi akan berhenti kemudian. Namun, jika IUD menyebabkan beberapa ketidaknyamanan atau pendarahan berat, IUD sebaiknya dipindahkan dan alat kontrasepsi lain digunakan. Dokter anda atau klinik keluarga berencana dapat memberikan anjuran untuk anda.

Empat masalah penting dan akan memberikan alasan untuk mengunjungi dokter sedari dini. Berikut adalah menstruasi yang sangat panjang dan berat yang terjadi dalam waktu yang biasa (menorrhagia); pendarahan setelah berhubungan; pendarahan dari vagina diantara menstruasi; pendarahan dari vagina setelah  MONOPOSE. Semua gejala ini, meskipun menimbulkan masalah minor, kadang-kadang bisa merupakan gejala awal kanker rahim, yang dapat disembuhkan jika didiagnosa dan diobati pada tahap awal.

Wanita bertambah tua, ketidakteraturan menstruasi seringkali berhubungan dengan penyakit organ reproduksi. Tes-tes diagnosa, seperti D & C, tampil untuk mengatasi kemungkinan ini; sebaliknyakondisi ini mungkin bisa disembuhkan dengan hormon sex sintetis seperti progesteron. Pada saat monopose, menstruasi biasanya menjadi lebih-dan lebih sering, sebelum akhirnya berhenti. Ini normal dan dibutuhkan untuk pengobatan lebih lanjut.

Seringnya ketidakteraturan pada waktu ini adalah menorrhagia (menstruasi berat). Para dokter sering mencoba meresepkan tablet-tablet hormonal untuk mengendalikan beratnya penyakit-penyakit ini. Sayangnya pengobatan ini tidak selalu bekerja, dan sebuah hysterectomy (pengangkatan rahim) mungkin disarankan sebagai alternatif. Ini adalah keputusan sulit yang harus pasien buat. Dia harus memutuskan apakah gejala-gejalanya cukup kuat untuk menjalani operasi utama atau dia bersiap-siap untuk sabar menghadapi menstruasi beratnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: